Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Bergambar pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV/C (Single Subject Research di SLB N 1 Painan).

Syafrimadani, Suci (2022) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Bergambar pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV/C (Single Subject Research di SLB N 1 Painan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SUCI_SYAFRIMADANI_17003038_936_2022.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang cara meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita dengan menggunakan media kartu bergambar. Permasalahan yang melatarbelakangi dilaksanakannya penelitian ini adalah kurangnya kemampuan mengenal huruf yang dialami oleh salah satu peserta didik di SLB N 1 Painan yang sudah berada di kelas IV SD. Permasalahan yang peneliti temui yaitu peserta didik sudah hafal dan sudah bisa menyebutkan secara lisan huruf a-z sesuai dengan urutan dari awal sampai akhir. Kemudian untuk bentuk dari huruf a-z belum hafal secara keseluruhan. Peneliti mengetahui bahwa peserta didik hanya dapat hafal bentuk dari huruf a, b, d, g, h, i, j, k, m, n, o, p, s, t, u, x, y, dan z. Sedangkan untuk bentuk huruf yang lainnya anak tidak bisa yaitu huruf c, e, f, l, r, q, v dan w. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita ringan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Single Subject Research (SSR), jenis penelitian eksperimen berbentuk A-B-A yaitu, baseline (A1), intervensi (B) dan baseline (A2). A1 adalah phase baseline atau kemampuan awal sebelum mendapatkan perlakuan/intervensi. B adalah phase treatmen atau kemampuan selama diberikan perlakuan/intervensi. A2 adalah phase baseline atau mengamati kemampuan subjek dengan tidak lagi diberikan perlakuan/intervensi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes lisan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemberian perlakuan pada fase intervensi menggunakan media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita ringan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan dari kondisi baseline (A1) ke kondisi setelah diberikan intervensi media kartu bergambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:52
Last Modified: 15 Aug 2022 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39140

Actions (login required)

View Item View Item