Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 10 Lubuk Buaya

Rahmayani, Suci (2022) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 10 Lubuk Buaya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_SUCI_RAHMAYANI_17129286_3394_2022.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dikarenakan pembelajaran terpusat kepada guru, siswa kurang mndapatkan kesempatan berpendapat, dan guru kurang mengoptimalkan penggunaan media dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas IV SDN 10 Lubuk Buaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 10 Lubuk Buaya yang berjumlah 13 orang. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar mengalami peningkatan. Penilaian RPP siklus I dengan rata-rata 77,78% dengan kualifikasi (C) dan pada siklus II meningkat menjadi 94,4% dengan kualifikasi (SB). Penilaian pelaksanaan aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 79,16% dengan kualifikasi (C) dan meningkat pada siklus II 95,83% dengan kualifikasi (A). Untuk aktivitas siswa siklus I dengan rata-rata 79,16% dengan kualifikasi (C) meningkat pada siklus II 95,83% dengan kualifikasi (A). Penilaian hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata 75,76 dengan kualifikasi (B-) dan meningkat pada siklus II 92,30 dengan kualifikasi (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:52
Last Modified: 15 Aug 2022 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39137

Actions (login required)

View Item View Item