Pengaruh Strategi Transition-Action-Detail (TAD) dan Kepercayaan diri Siswa Terhadap Kemampuan Menulis Siswa di SMAN 1 Painan

Irsa, Mutiara (2021) Pengaruh Strategi Transition-Action-Detail (TAD) dan Kepercayaan diri Siswa Terhadap Kemampuan Menulis Siswa di SMAN 1 Painan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MUTIARA_IRSA_16178065_5884_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh strategi TAD dan kepercayaan- diri siswa terhadap kemampuan menulis siswa khususnya dalam penulisan teks recount dan j enis penelitian ini adalah eksperimental semu dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh SMAN 1 Painan. Terdiri dari 154 siswa yang terbagi menjadi lima kelas yaitu X-MIA 1, X-MIA 2, X-MIA 3, X-MIA 4 dan X-MIA 5. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan strategi TAD dan X- MIA2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan strategi PPP. Masing- masing kelas terdapat 32 siswa. Kemudian, tes kemampuan menulis dan angket kepercayaan-diri siswa digunakan sebagai data penelitian. Data dianalisis menggunakan tes Shapiro Wilk untuk menguji normalitas, tes Variance untuk menguji homogenitas, t-test dan anova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi TAD memberikan efek yang lebih baik dalam penulisan teks recount dibandingkan dengan strategi PPP. Ini bisa dilihat dari nilai rata-rata siswa dalam menulis teks recount di kelas eksperimen (85. 7 5) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (78.75)., (2) Strategi TAD menghasilkan kemampuan menulis teks recount yang lebih baik dengan kepercayaan-diri siswa yang tinggi dibandingkan dengan strategi PPP. Ini bisa dilihat dari nilai rata-rata siswa dalam menulis teks recount di kelas eksperimen (87.38) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (79.75) (3) strategi TAD tidak menghasilkan kemampuan menulis yang lebih baik dari teks recount dengan kepercayaan-diri siswa yang rendah dibandingkan strategi PPP. Ini bisa dilihat dari nilai rata-rata siswa dalam menulis teks recount di kelas eksperimen (84.38) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (78.75) (4) tidak ada interaksi antara strategi mengajar dan kepercayaan-diri siswa terhadap tulisan teks recount. Ini bisa dilihat dari diagram interaksi antara strategi pengajaran dan kepercayaandiri siswa yang memperlihatkan bahwa terdapat dua garis yang menunjukan kedua strategi, dua garis tersebut tidak saling memotong. Artinya tidak ada interaksi antara strategi mengajar (strategi TAD dan PPP) dengan kepercayaanndiri siswa. Kesimpulannya, strategi TAD menghasilkan kemampuan menulis teks recount yang lebih baik dengan kepercayaan-diri siswa yang tinggi dibandingkan dengan strategi PPP dan tidak ada interaksi antarastrategi mengajar dan kepercayaan-diri siswa terhadap penulisan teks recount.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:41
Last Modified: 12 Aug 2022 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39129

Actions (login required)

View Item View Item