Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Lectora Inspire pada Pembelajaran Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Agam

Dari, Putri Ulan (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Lectora Inspire pada Pembelajaran Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_PUTRI_ULAN_DARI_17129167_154_2022.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi saat ini, pemakaian komputer dalam proses pembelajaran semakin berkembang. Sehingga diperlukan adanya penelitian yang mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan komputer salah satunya penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis aplikasi Lectora Inspire . Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kevalidan, kepraktisan serta efektifitas multimedia interaktif berbasis aplikasi Lectora Inspire pada pembelajaran tema 8 kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Developmen, Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Media pembelajaran yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan angket respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada 18 peserta didik kelas V SDN 21 Pakan Sinayan dan 18 peserta didik SDN 16 Bansa, Kabupaten Agam. Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran diperoleh hasil validitas materi 87,45% dengan kategori sangat valid, validitas media 91,25% dengan kategori sangat valid, validitas bahasa 87,5% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon guru kelas V SDN 21 Pakan Sinayan dan SDN 16 Bansa menunjukkan presentase kepraktisan yang sama yaitu 94,23% dengan kategori sangat praktis. Hasil angket respon peserta didik kelas V SDN 21 Pakan Sinayan 96,38% dan kelas V SDN 16 Bansa 95,27% dengan kategori sangat praktis. Media pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat efektif dengan persentase peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 88,89%. Dengan demikian dapat dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire pada pembelajaran tema 8 di kelas V Sekolah Dasar telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:40
Last Modified: 12 Aug 2022 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39123

Actions (login required)

View Item View Item