Efektivitas Penggunaan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia di Kelas IV SD N 011 Titian Resak (Singel Subject Research)

Lestari, Nurika (2022) Efektivitas Penggunaan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia di Kelas IV SD N 011 Titian Resak (Singel Subject Research). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_NURIKA_LESTARI_17003022_710_2022.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengungkap tentang kemampuan anak dalam membaca kata yang memuat kata benda dan membutikan efektifitas media kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Dimana peneliti menemukan masalah ini di kelas IV SD saat melaksanakan observasi ke lapangan. Dari hasil pengamatan diperoleh hasil bahwa anak mengalami kesulitan dalam membaca kata. Peneliti tertarik untuk mengajarkan anak dalam belajar membaca kata melalui media kartu kata bergambar. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan singel subject research (SSR) subjek yakni TS yang duduk di kelas IV SD N 011 Titian Resak. Data mengenai kemampuan anak dalam membaca kata diperoleh melalui observasi dan tes. Desain yang digunakan yaitu A-B-A untuk melihat tingkat kemampuan anak dalam membaca kata sebelum diberikan intervensi (A1), kondisi intervendi (B), dan sesudah diberikan intervensi (A2). Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan anak di setiap kondisi yakni memperoleh skor 0%, pada kondisi A1, saat diberikan intervensi anak memperoleh skor 40% sedangkan pada kondisi A2 anak memperoleh skor 100%. Kemampuan yang dikuasai mengalami peningkatan setiap kondisi. Dapat disimpulkan dari hasil analisis data menunjukan pemberian perlakuan intervensi dengan kartu kata bergambar efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak disleksia. Dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan membaca kata dari kondisi basline ke kondisi setelah diberikan intervensi menggunakan media kartu kata bergambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:39
Last Modified: 12 Aug 2022 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39116

Actions (login required)

View Item View Item