Hydraulic Portable Crane dengan Kapasitas 1,5 Ton (Perancangan dan Analisa System Hydraulic pada Hydraulic Portable Crane dengan Kapasitas 1,5 Ton)

Saputra, Adrian (2022) Hydraulic Portable Crane dengan Kapasitas 1,5 Ton (Perancangan dan Analisa System Hydraulic pada Hydraulic Portable Crane dengan Kapasitas 1,5 Ton). Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_ADRIAN_SAPUTRA_18072006_712_2021.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Crane adalah alat pemindahan barang yang biasa digunakan untuk beban berat maksimum dan tidak mungkin dapat di angkat oleh manusia secara manual. Crane dikategorikan sebagai mesin yang dipergunakan untuk mengangkat beban, memindahkan secara horizontal dan menurunkannya ke tempat yang dituju dengan jangkauan terbatas. Penggunaan system hydraulic sebagai media pengangkatan lengan crane akan menunjang pekerjaan, system hydraulic sangat luas digunakan saat ini karena sifat dan kekuatannya yang baik dan mudah dalam perancangannya. Tujuan dari proyek akhir ini adalah perancangan dan analisa system hydraulic pada hydraulic portable crane dengan kapasistas 1,5 ton. Metode perancangan system hydraulic melalui beberapa tahapan , berikut tahapannya : 1) Pencarian data untuk proses penunjang perancangan berupa konsep system hydraulic 2) Melakukan study literarur terhadap alat yang serupa 3) Melakukan analisa dan perhitungan untuk penentuan spesifikasi komponen hydraulic yang akan digunakan 4) Perancangan skema rangkaian hydraulic menggunakan software Festo Fluidsm Hydraulic 5) Perancangan tangki hydraulic meliputi ukuran dan volume oli yang digunakan menggunakan software Autocad 6) Perakitan dan penginstalan komponen hydraulic pada hydraulic portable crane. Pada perancangan dan analisa system hydraulic yang dilakukan berikut spesifikasi komponen yang digunakan : 1. Double Acting Cylinder, Bore 50 mm, rod 30 mm, stroke 500 mm 2. Gear pump flow capacity 5 cc/rev 3. Hose diameter 1/2”, maximal pressure 275 Bar 4. Hand directional control valve 40 Lpm 5. Double pilot operated check valve maximal pressure 50 Lpm 6. Oli ISO 32 VG SAE 10W 7. Tangki hydarulic kapasitas 29,7 liter

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:09
Last Modified: 10 Aug 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39107

Actions (login required)

View Item View Item