Pengembangan Bahan Ajar E-book Menggunakan 3D Pageflip Professional pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar dan Buku Teks

Tuazmi, Noferli (2022) Pengembangan Bahan Ajar E-book Menggunakan 3D Pageflip Professional pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar dan Buku Teks. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NOFERLI_TUAZMI_17004027_545_2022.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar e-book menggunakan 3D Pageflip Professional pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar dan Buku Teks ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran pada MK PBAT yang masih tergolong menggunakan bahan ajar yang didominasi dengan powerpoint, sehingga mahasiswa menjadi sangat kurang memperhatikan dalam pembelajaran. Kelengkapan konten pembelajaran visual yang dituangkan ke dalam e-book ini memungkinkan mahasiswa dapat memahami apa yang disampaikan oleh dosen, meningkatkan minat dan motivasi belajar mahasiswa, serta memungkinkan mahasiswa dapat belajar secara mandiri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan dengan melibatkan 3 orang validator dari Jurusan KTP FIP UNP yaitu satu orang validator materi dan dua orang validator media. Kemudian uji praktikalitas produk e-book dilakukan kepada 27 orang mahasiswa Jurusan KTP FIP UNP BP 2019 kelas MK PBAT 40035 Sesi Rabu 13.20-15.50. E-book MK PBAT dihasilkan dengan memanfaatkan 5 software pengolah flipbook, yaitu Adobe Photoshop CS6, Microsoft Office Word 2010, Nitro Pro 12, Ispring Suite Quizmaker 8. Hasil output dari software-software tersebut kemudian diintegrasikan ke dalam 3D Pageflip Professional sehingga menghasilkan e-book dalam bentuk 3D. Berdasarkan hasil penilaian dari validator materi dan validator media, diperoleh hasil validasi materi dengan rata-rata sebesar 4,82 persentase 96,4% dengan kualifikasi “Sangat Valid”. Hasil validitas media memperoleh rata�rata sebesar 4,68 oleh validator media 1 dan 4,84 oleh validator media 2 dengan kualifikasi “Sangat Valid”. Hasil uji praktikalitas produk oleh mahasiswa memperoleh rata-rata sebesar 4,24 persentase 85% dengan kualifikasi “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-book yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran MK PBAT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:16
Last Modified: 09 Aug 2022 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39097

Actions (login required)

View Item View Item