Efektivitas Media Pohon Bilangan dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Mengenal Nilai Tempat untuk Anak Tunadaksa Kelas III

Rahmadani, Nofitri (2022) Efektivitas Media Pohon Bilangan dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Mengenal Nilai Tempat untuk Anak Tunadaksa Kelas III. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_NOFITRI_RAHMADANI_18003026_2736_2022.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilataerbelakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SLB N 1 Padang, seorang anak tunadaksa kelas III belum mampu dalam mengenal nilai tempat pada bilangan, baik itu satuan, puluhan, dan ratusan. Berdasarkan hal tersebut peneliti memberikan inovasi berupa media pohon bilangan untuk meningkatkan pemahaman mengenal nilai tempat pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Berdasarkan hasil penelitian, pada baseline A1 yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan anak belum mampu dalam mengenal nilai tempat dengan benar. Pada kondisi intervensi yang diamati dalam delapan kali pertemuan, terlihat kemampuan anak meningkat anak mampu dalam menjawab soal nilai tempat satuan, puluhan, dan ratusan dengan benar. Sedangkan kondisi baseline A2 yang dilakukan dalam empat kali pertemuan terlihat kemampuan anak meningkat setelah diberikannya intervensi menggunakan media pohon bilangan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media pohon bilangan efektif dalam peningkatan pemahaman mengenal nilai tempat pada anak tunadaksa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:16
Last Modified: 09 Aug 2022 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39096

Actions (login required)

View Item View Item