TUOR:Pemberian Maskawin dalam Adat Mandailingdi Ranto Panjang Kabupaten Pasaman Baratpada Masyarakat Ranto Panjang Kabupaten Pasaman Barat

Risa, Yulia (2021) TUOR:Pemberian Maskawin dalam Adat Mandailingdi Ranto Panjang Kabupaten Pasaman Baratpada Masyarakat Ranto Panjang Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_YULIA_RISA_17058049_6019_2021.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fungsi pemberian Tuor dalam adat Mandailing di Jorong Ranto Panjang Nagari Rabi Jonggor Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Fokus dari artikel ini yaitu pemberian Tuor (maskawin) dari pihak laki-laki kepada perempuan dalam adat perkawinan orang Mandailing di Ranto Panjang. Mengingat masyarakat yang berda di Pasaman Barat memiliki suku bangsa yang beragam seperti Minang, Melayu, Mandailing dan Jawa yang memiliki kebudayaan berbeda-beda disetiap daerahnya. Akan tetapi pemeberianTuor tetap dipertahankan dan selalu ada sebelum upacara perkawinan orang Mandailing baik yang menikah dengan sesama suku mandailing maupun tidak dengan orang Mandailing. Acara penetapan Tuor dilaksanakan pada acara Marsapa(meminang). Teori yang digunakan dalam artikel ini adalah teori fungsionalisme yang dikemukakan oleh Bronislaw Malinowski. Penelitian dilakukan dengan menerapkan pendekatan kualitatif dengan tipe Etnografi.Informan dipilih secara pusposive sampling.Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam (indepth interview), observasi, studi dokumen. Teknik analisis data mengacu pada teknik analisis etnografi yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman melipiti: data reduction (reduksi data), data displey (penyajian data), verification analysis (menarik kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan fungsi pemberian Tuor pada masyarakat Mandailing di Ranto Panjang adalah: (1) penguatan ikatan dua keluarga;(2)menjunjung tinggi tradisi yang diwarisi dari generasi terdahulu;(3) menghormati orang tua si gadis;(4) penghargaan terhadap status pendidikan perempuan; dan (5) mendapatkan legalitas perkawinan secara adat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERKAWINAN BATAK MANDAILING
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:16
Last Modified: 09 Aug 2022 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39095

Actions (login required)

View Item View Item