Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Batang Kapas.

Efritania, Mimil (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Batang Kapas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MIMIL_EFRITANIA_17004020_80_2022.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Bersadarkan obervasi yang telah dilakukan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Batang Kapas, ditemui bahwa proses belajar masih berpusat pada guru akibatnya siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa masih belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Proses pembelajaran yang berlangsung juga bersifat monoton dan kurang bervariasi. Oleh sebab itu diperlukan pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran yaitu model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom. Model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom ini bertujuan meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa sehingga dapat mempermudah siswa untuk menerima materi pembelajaran. Penetian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 160 siswa, dan sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Kelas VII2 merupakan kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol, dengan masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 40 butir soal dan alat pengumpul data berupa lembaran tes. Jenis data penelitian ini berupa data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas VII2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran blended learning berbantuan WhatsApp. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata 79,1 pada kelas eksperimen, dan 74,7 pada kelas kontrol. Hasil analisis menggunakan t-test menunjukkan t hitung 2,118 sedangkan t tabel 2,010 pada taraf kepercayaan 95% (α 0,05), artinya t hitung ˃ t tabel. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom dengan menggunakan model pembelajaran blended learning berbantuan WhatsApp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:14
Last Modified: 09 Aug 2022 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39088

Actions (login required)

View Item View Item