Peningkatan Hasil Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Batang dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Kelas IV SDN 200408 Pokenjior Kota Padangsidimpuan

Siregar, Melva Khoiriyah (2022) Peningkatan Hasil Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Batang dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Kelas IV SDN 200408 Pokenjior Kota Padangsidimpuan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MELVA_KHOIRIYAH_SIREGAR_17129054_276_2022.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, pada saat proses pembelajaran masih terdapat permasalahan pada penyusunan RPP, kegiatan pembelajaran yang terpusat pada guru, dalam pembelajaran kurang melibatkan peserta didik dalam penemuan konsep, serta belum menggunakan pendekatan yang dapat meningkatkan daya nalar dan analisis peserta didik terhadap suatu permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan peningkatan hasil belajar materi penyajian data dalam bentuk diagram batang dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ( di kelas IV SDN 200408 Pokenjior Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 200408 Pokenjior Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 26 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik penelitian adalah observasi ,tes dan non tes. Instrumen penilaian adalah lembar penilaian dan lembar soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata presentase 91,66 % (A) meningkat pada siklus II menjadi 97,22% (A), b) Aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata presentase 87,5 % (B) meningkat pada siklus II menjadi 95% (A), c) Aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata presentase 77,5% (C) meningkat padda siklus II menjadi (92,5%) (A), d) Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 75,5 dengan peringkat B kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83,89 dengan peringkat B. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi penyajian data dalam bentuk diagram batang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:14
Last Modified: 09 Aug 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39085

Actions (login required)

View Item View Item