Analisis Peran Orangtua dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Luar Biasa

Karniati, Mela (2022) Analisis Peran Orangtua dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Luar Biasa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MELA_KURNIATI_17003015_831_2022.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi akibat munculnya pandemi Covid-19 terhadap strategi pembelajaran disekolah. Perubahan strategi pembelajaran menjadi daring, luring dan tatap muka yang mengharuskan anak berkebutuhan khusus untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Penyesuaian diri ini tentunya membutuhkan bantuan dan peranan dari guru dan anggota keluarga terutama orangtua. Peranan yang dimaksud yaitu sebagai pembimbing, pendamping, fasilitator, motivator dan direktor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket kepada 30 orangtua (ibu) yang bekerja sebagai ibu rumah tangga. Lokasi pengumpulan data berada di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Data dikumpulkan di tempat yang berbeda-beda menyesuaikan dengan keberadaan orangtua (ibu). Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik perhitungan persentase. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa sebagian kecil orangtua menunjukkan peran sebagai pembimbing dengan persentase 28,28%. Persentase 26,25% menunjukkan bahwa sebagian kecil orangtua menunjukkan peranan sebagai pendamping, persentase 35,41% sebagian kecil orangtua menunjukkan peran sebagai fasilitator. Persentase 23,33% menunjukkan bahwa sebagian kecil orangtua menunjukkan peran sebagai motivator, dan 30% menujukkan bahwa sebagian kecil orangtua berperan sebagai direktor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:14
Last Modified: 09 Aug 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39084

Actions (login required)

View Item View Item