Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 12 Padang Koto Gadang Agam.

Yunita, Lasma (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 12 Padang Koto Gadang Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LASMA_YUNITA_17004017_2854_2022.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Bersadarkan obervasi yang telah dilakukan pada Pelajaran Tematik (Tema 5 Pahlawanku) SDN 12 Padang Koto Gadang Agam, ditemui bahwa proses belajar masih berpusat pada guru akibatnya siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa masih belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Proses pembelajaran yang berlangsung juga bersifat monoton dan kurang bervariasi. Oleh sebab itu diperlukan pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran yaitu model pembelajaran coperative tipe STAD berbantuan video. Model pembelajaran cooperative tipe STAD berbantuan video ini diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa. sehingga dapat mempermudah siswa untuk menerima materi pembelajaran. Penetian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran cooperative tipe STAD berbantuan video berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah masin – masing kelas adalah 20 siswa. Kelas IV.B merupakan kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas control. Pengumpulan data menggunakan tes objektif sebanyak 40 butir soal dan alat pengumpul data berupa lembaran tes. Jenis data penelitian ini berupa data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas IV.B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran cooperative tipe STAD berbantuan video lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata 79,1 pada kelas eksperimen, dan 73,2 pada kelas kontrol. Hasil analisis menggunakan t-test menunjukkan t hitung 2,0349 sedangkan ttabel 2,024 pada taraf kepercayaan 95% (α 0,05), artinya t hitung ˃ t tabel. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran cooperative tipe STAD berbantuan video dengan menggunakan model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Aug 2022 01:41
Last Modified: 09 Aug 2022 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39079

Actions (login required)

View Item View Item