Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Harga Diri Siswa

Firsty, Irma (2022) Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Harga Diri Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_IRMA_FIRSTY_17006147_1235_2022.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh harga diri yang memiliki peran penting dalam kepribadian siswa, sehingga siswa yang memiliki harga diri tinggi akan menerima diri secara baik, menyukai dirinya, memiliki perasaan bangga, dan menghargai dirinya sebagaimana adanya. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang memiliki harga diri yang rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi harga diri siswa yaitu dukungan sosial dari orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; (1) harga diri siswa, (2) dukungan sosial orangtua, dan (3) menguji hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan harga diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 262 siswa yang berada pada kelas X, XI dan XII di SMA Negeri 1 Payung Sekaki yang terdaftar pada semester Juli-Desember Tahun Ajaran 2021/2022, dengan sampel sebanyak 163 siswa kelas X, XI, dan XII, yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah daftar isian “Harga Diri Siswa Sekolah Menengah Atas” dan “Dukungan Sosial Orangtua Siswa Sekolah Menengah Atas” dengan menggunakan model skala Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan korelasi Pearson Product Moment. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa; (1) harga diri siswa berada pada kategori tinggi, (2) dukungan sosial orangtua berada pada kategori tinggi, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan harga diri siswa, dengan korelasi 0,568 dan taraf signifikansi 0,000. Implikasinya bagi Bimbingan dan Konseling, mengingat adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan harga diri siswa maka ada peluang untuk meningkatkan harga diri siswa dengan cara meningkatkan dukungan sosial orangtua, guru Bimbingan dan Konseling dapat memberikan informasi dan pencerahan kepada orangtua melalui layanan informasi dengan topik “Membangun Budaya Anak Curhat dengan Orangtua, “Bantu Anak untuk Menetapkan Tujuan yang Ingin Dicapai, dan “Beri Anak Pilihan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Aug 2022 01:40
Last Modified: 09 Aug 2022 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39078

Actions (login required)

View Item View Item