Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama

Arif, Ikhwatul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_IKHWATUL_ARIF_17004090_110_2022.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran yakni guru belum menerapkan media pembelajaran yang menarik dan hanya mengandalkan buku teks sehingga siswa merasa bosan dengan proses pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran video animasi stop motion ini dapat menjadi kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran untuk membangun ketertarikan dan minat siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video animasi stop motion sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan kriteria kelayakan materi, media, dan kepraktisan pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Tahap model ini dimodifikasi menjadi 5 langkah, yaitu perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, uji coba terbatas dan produk akhir. Penelitian ini dilakukan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada semester 2 dengan materi 1 kompetensi dasar dan 6 pembahasan. Produk hasil pengembangan dinilai oleh 1 orang ahli materi yakni guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII di SMP Negeri 2 Padang Panjang dan 2 orang ahli media yakni dosen jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Penilaian uji praktikalitas dilakukan oleh 15 orang siswa kelas VIII.A SMP Negeri 2 Padang Panjang. Pengujian dilakukan dengan 2 cara yaitu uji validitas dan praktikalitas. Hasil uji validitas produk oleh 3 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Hasil uji validitas produk untuk aspek materi berada pada kategori “sangat valid” dengan nilai yang diperoleh validator sebesar 4,825, untuk aspek media berada dikategori “sangat valid” dengan nilai yang diperoleh validator I sebesar 4,85 dan validator II sebesar 4,875. Selanjutnya, uji coba kepraktisan produk dilakukan kepada 15 orang siswa kelas VIII.A di SMP Negeri 2 Padang Panjang. untuk hasil uji kepraktisan produk berdasarkan uji coba yang telah dilakukan berada pada kategori “sangat praktis” dengan nilai yang diperoleh sebesar 4,45. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran video animasi stop motion layak digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:04
Last Modified: 08 Aug 2022 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39074

Actions (login required)

View Item View Item