Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VIII SMP

Hendra, Hendra (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_HENDRA_17004015_3259_2022.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas VIII SMP Negeri 25 Padang masih menggunakan media sederhana seperti LKS dan buku paket, Guru belum sepenuhnya mengoptimalkan media pembelajaran yang ada, termasuk multimedia interaktif dan adanya keterbatasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Akibatnya, siswa kurang terlibat aktif dalam peroses pembelajaran dan kreatifitas siswa menjadi tidak berkembang. sarana kurang digunakan karena keterbatasan sumber daya manusia dalam mengembangkan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia interaktif yang valid dan praktis pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) (R&D) mengunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Prosedur pengembangan pada penelitian ini ada 5 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi Produk, (4) Uji Coba Produk, dan (5) Produk Akhir. Uji validaitas produk dilakukan oleh 3 orang validator, yaitu satu validator ahli materi dan dua orang validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 20 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Alat pengumpulan data adalah lembaran angket. Hasil uji validitas produk dari ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 4,7 dengan kategori valid dan untuk aspek media mendapatkan nilai rata�rata 4,78 Dengan kategori valid. Hasil analisis uji coba kepraktisan memperoleh nilai rata- rata 4,66 sehingga produk multimedia interaktif berada pada kategori “Baik atau Praktis”. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dihasilkan ini layak sehingga dapat digunakan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:04
Last Modified: 08 Aug 2022 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39073

Actions (login required)

View Item View Item