Hubungan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Yulianti, Wira (2021) Hubungan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_WIRA_YULIANTI_17329140_2661_2021.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini berangkat dari masalah apakah ada Hubungan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang, padahal ketersedian hubungan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam kurangnya motivasi belajar mahasiswa sehingga prestasi belajar rendah. Merujuk dari latar belakang masalah tersebut mengenai hubungan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa jurusan Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam. Adapun motivasi mahasiswa jurusan Ilmu Agama Islam karena pilihan orang tua, karena ingin kuliah di Universitas Negeri Padang, ingin menjadi guru Pendidikan Agama Islam dan memperdalam Ilmu Agama Islam, terinspirasi dari guru agama sekolah, karena coba-coba dan peluang pekerjaan dengan jurusan Ilmu Agama Islam tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan prestasi belajar Mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif korelasional. Sementara itu metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuantitatif. sumber data penelitian ini terdiri dari primer yaitu mahasiswa jurusan Ilmu Agama Islam. Data sekunder adalah wawancara dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini terdiri dari 147 mahasiswa, maka peneliti mengambil samp el sebesar 37 orang mahasiswa jurusan Ilmu Agama Islam. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Hasil motivasi mahasiswa jurusan Ilmu Agama Islam peneliti dapatkan sebesar 56,75% dan untuk hasil prestasi belajar mahasiswa jurusan Ilmu Agama Islam dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil IPK Mahasiswa sebesar 92,35 %. Hasil Hubungan motivasi dan prestasi belajar mahasis wa jurusan Ilmu Agama Islam peneliti dapatkan yaitu tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi memilih jurusan dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan Ilmu Agama Islam Angkatan 2017 di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. hal ini dapat dilihat dari korelasi yang sedang antara motivasi dan prestasi belajar mahasiswa jurusan Ilmu Agama Islam. Ini dapat dilihat dari hasil r hitung lebih kecil dari r tabel dalam signifikan 5 % (0,505<0,3246).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PRESTASI BELAJAR MAHASISWA, MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:03
Last Modified: 08 Aug 2022 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39071

Actions (login required)

View Item View Item