Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas V Sd Negeri 07 Sungai Beremas.

Wardah, Fitri (2022) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas V Sd Negeri 07 Sungai Beremas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_FITRI_WARDAH_17129028_1790_2022.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi pembelajaran belum melibatkan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan, Sumber belajar kurang lengkap, sarana dan prasarana di kelas kurang memadai dalam pembelajaran tematik terpadu. Kemudian hasil belajar peserta didik belum optimal, Peserta didik belum terbiasa berpikir kritis dan kurang minatnya peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model model kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 07 Sungai Beremas. Jenis dari penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen design dengan bentuk menggunakan the non equivalent pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dalam bentuk soal objektif. Untuk data awal dilakukan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan data akhir dilakukan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, dan uji N-Gain. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Dari analisis nilai rata�rata, diperoleh nilai kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, nilai rata�rata kelas eksperimen 77,74 sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 67,85 dengan nilai selesih 9,98. 2) Dari uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung > ttabel dengan nilai perolehan 3,598>2,00. 3) Dengan menggunakan uji N�Gain dapat dilihat peningkatan nilai kelas eksperimen yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,50 dan 0,29, dengan selisih hasil perhitungan uji N-Gain kedua kelas adalah sebesar 0,21

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:19
Last Modified: 05 Aug 2022 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39063

Actions (login required)

View Item View Item