Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Tematik Terpadu menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Macth di Kelas IV SD Negeri 28 Batang Anai

Putri, Erra (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Tematik Terpadu menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Macth di Kelas IV SD Negeri 28 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ERRA_PUTRI_18129252_18129252_2720_2022.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tematik terpadu yang kurang terlaksana dengan baik, dan masih dalam proses menuju penyempurnaan, pada pelaksanaannya guru juga belum menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat peserta didik.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A Match pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 28 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2021/2022.Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas IV sebanyak 21 orang, yang terdiri dari 13 orang peserta didik laki-laki dan 8 orang peserta didik perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 81,25% (B), meningkat pada siklus II menjadi 92,5% (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 82,5% (B), meningkat pada siklus II 95% (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh 82,5% (B), meningkat pada siklus II 92,5% (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai rata�rata 74 (C) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,93 (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SD Negeri 28 Batang Anai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:54
Last Modified: 05 Aug 2022 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39053

Actions (login required)

View Item View Item