Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Live Worksheets Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD

Putri, Ellakarci Deka (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Live Worksheets Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ELLAKARCI_DEKA_PUTRI_17129207_3381_2022.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan teknologi yang belum digunakan secara maksimal dalam pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar. Agar peserta didik termotivasi dalam menerima pembelajaran, diperlukan pemanfaatan teknologi dan model pembelajaran yang tepat dan LKPD yang menarik untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. LKPD biasanya hanya berupa lembaran-lembaran kertas dengan tulisan yang monoton dan kurang menarik, namun dengan mengembangkan LKPD menggunakan teknologi web Live Worksheets berbasis Problem Based Learning ini guru bisa mengembangan LKPD ke dalam bentuk yang lebih menarik dan lebih memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four- D) yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 12 Pisang yang berjumlah 24 orang. Penyebaran produk dilakukan di SDN 08 Pisang dan SDN 04 Pisang. Data penelitian diperoleh dari instrumen validitas dan instrumen praktikalitas. Hasil penelitian ini adalah produk berupa LKPD menggunakan Live Worksheets berbasis Problem Based Learning untuk siswa kelas V SD. Hasil analisis terhadap instrumen validasi materi adalah 90%, validasi kebahasaan adalah 90%, dan validasi media adalah 90,90%, maka LKPD yang dikembangkan berkategori sangat valid. Tingkat praktikalitas LKPD dari guru sebesar 97,14% (sangat praktis) dan tingkat praktikalitas LKPD oleh peserta didik mencapai nilai praktikalitas sebesar 90,20% (sangat praktis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:54
Last Modified: 05 Aug 2022 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39052

Actions (login required)

View Item View Item