Pengembangan Video Animasi Berbasis Budaya Melayu Gurindam 12 Untuk Perkembangan Moral Anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 1 Kota Pekanbaru

Wardani, Eka Kusuma (2022) Pengembangan Video Animasi Berbasis Budaya Melayu Gurindam 12 Untuk Perkembangan Moral Anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 1 Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_EKA_KUSUMA_WARDANI_19330008_1296_2022.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang peneliti temukan pada riset awal. Aspek yang belum berkembang adalah aspek perkembangan moral dimana pembelajaran moral berlangsung dengan menggunakan media yang kurang bervariasi. Anak membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran moral serta belum adanya inovasi media pembelajaran yang berbasis budaya melayu gurindam 12 untuk perkembangan moral anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa video animasi berbasis budaya melayu gurindam 12 untuk perkembangan moral anak di Taman Kanak-Kanak. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video animasi pada tahap analysis media video animasi diperlukan untuk mengembangkan moral dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Tahap design, dengan menyusun indikator, subtema dan materi pembelajaran, kemudian merancang rencana pelaksanaan pembelajaran harian, pemilihan format video animasi, rancangan awal produk, proses produksi, dan pasca produksi video animasi. Tahap Development menghasilkan konten pengembangan media video animasi yang divalidasi oleh ahli materi dinyatakan sangat valid dengan persentase 81.6%, validasi ahli media dinyatakan sangat valid dengan persentase 97.64%, validasi ahli budaya dinyatakan sangat valid dengan persentase 91.81%. Tahap Implementation, penerapan media video animasi dinyatakan sangat praktis dengan persentase 92.94% dan dinyatakan sangat efektif dengan persentase 86%. Tahap Evalution, hasil wawancara dengan guru dan kepala sekolah video animasi dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran dan dapat mengembangkan aspek moral anak. Media video animasi berbasis budaya melayu gurindam 12 untuk perkembangan moral anak usia dini dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:54
Last Modified: 05 Aug 2022 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39051

Actions (login required)

View Item View Item