Pengaruh Strategi Predict Observe Explain (POE) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema 8 di Kelas IV SD Gugus V Rayon III Kabupaten Lima Puluh Kota.

Anpariza, Dwiki (2022) Pengaruh Strategi Predict Observe Explain (POE) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema 8 di Kelas IV SD Gugus V Rayon III Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DWIKI_ANPARIZA_17129317_1669_2022.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, dalam pembelajaran belum melibatkan peserta didik untuk melaksanakan percobaan, peserta didik belum aktif dan kreatif sehingga dalam proses pembelajaran masih belum berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sera mendeskripsikan pengaruh strategi Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 8 di kelas IV SD Gugus V Rayon III Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Quasi Exsperiment, dengan bentuk Non nequivalent pretest-posttest control group design. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampling cluster random sampling yang mana populasi terdiri dari beberapa SD dalam satu gugus V Rayon III Kabupaten Lima Puluh Kota, sehingga yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IV A SD Negeri 01 Suayan dan Klas IV SD Negeri 01 Sungai Balantiak sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik inferensial dengan uji-t Berdasarkan hasil rata-rata Pre-test kelas eksperimen yang menggunakan strategi Predict Observe Explain adalah 34,96 dan nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen adalah 76,96. Sedangkan pembelajaran di kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional memiliki rata-rata hasil belajar Pretest adalah 39,28 dan rata-rata hasil belajar Posttest menggunakan pendekatan konvensional memiliki rata-rata 58,28. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung 5,55 dan ttabel 1,6772 dengan taraf signifikan 0,05. Dengan demikian thitung 5,55 > ttabel 1,6772, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi Predict Observe Explain terhadap hasil belajar pembelajaran di kelas IV SD Gugus V Rayon III Kabupaten Lima Puluh Kota

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:54
Last Modified: 05 Aug 2022 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39050

Actions (login required)

View Item View Item