Efektifitas Penggunaan Media Stik Es Krim dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di Nagari Muara Sakai Kabupaten Pesisir Selatan

Afriza, Dona (2022) Efektifitas Penggunaan Media Stik Es Krim dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di Nagari Muara Sakai Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_DONA_AFRIZA_17005115_589_2022.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung anak di Nagari Muaro Sakai Kabupaten Pesisir Selatan. Diduga rendahnya kemampuan berhitung anak bias disebabkan banyak faktor di antaranya yaitu metode pembelajaran yang kurang tepat, kurangnya dukungan orang tua/lingkungan, fasilitas/media pembelajaran yang kurang menarik, rendahnya tingkat kecerdasan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Efektivitas penggunaan stik es krim dalam meningkatkan kemampuan berhitung ana kusia 5-6 tahun di Nagari Muaro Sakai Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan rancangan pretest dan posttest. Populasi penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun di Nagari Muaro Sakai, Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 20 orang, sampel penelitian ini mengambil 8 orang anak yang dipilihdari Nagari Muaro Sakai, teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisa data menggunakan uji paired sample t-test. Belum diberitindakan (pretest) kemampuan berhitung anak dikaterogikan belum berkembang, sesudah diberitindakan (posttest) kemampuan memahami berhitung anak dikaterogikan berkembang dan terdapat pengaruh media stik es krim dalam kemampuan berhitung pada anak. Sig 0,000< 0,05. Disarankan kepada orang tua dan pendidik AUD dapat menggunakan media stik es krim dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:53
Last Modified: 05 Aug 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39049

Actions (login required)

View Item View Item