Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Learning Portal Rumah Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD

Nelvianti, Nelvianti (2021) Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Learning Portal Rumah Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NELVIANTI_19124026_2197_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD. Hal ini terlihat dari ketidakmampuan siswa dalam menganalisis, memecahkan masalah, mengevaluasi, mensintesis dan menyimpulkan suatu permasalahan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-learning Portal Rumah Belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain sequential exploratory. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Plus Marhamah yang terdiri dari 3 rombel yaitu kelas IV A, IV B dan IV C. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen adalah siswa kelas IV Adan kelas kontrol adalah siswa kelas IV B. Data dikumpulkan melalui wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis siswa. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis mengggunakan teknik triangulasi sumber dan data kuantitaif menggunakan uji independent sample t test serta N-Gain. Hasil anaslisis menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik model PBL berbantuan e-learning portal Rumah Belajar adalah pembelajaran menggunakan fitur kelas maya yang ada pada e-learning portal Rumah Belajar yang dilaksanakan sesuai langkah-langkah model PBL. (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelaj aran model PBL berbantuan e-learning portal Rumah Belajar dengan siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional berbantuan e-learning portal Rumah Belajar (3) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD yang lebih baik antara siswa yang memperoleh pembelajaran model PBL berbantuan e-learning portal Rumah Belajar dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional berbantuan e-learning portal Rumah Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:53
Last Modified: 05 Aug 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39047

Actions (login required)

View Item View Item