Kontribusi Stres Akademik dan Prokrastinasi Akademik terhadap Perilaku Game Addiction

Saputra, Muhamad Disra (2021) Kontribusi Stres Akademik dan Prokrastinasi Akademik terhadap Perilaku Game Addiction. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MUHAMAD_DISRA_SAPUTRA_18151028_2032_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian rm dilatarbelakangi tingginya tingkat ketergantungan penggunaan internet khususnya game online dikalangan remaja yang memicu perilaku game addiction. Stres akdemik dan prokrastinasi merupakan faktor yang mempengaruhi perilaku game addiction. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) stres akademik, prokrastinasi akademik dan perilaku game addiction, (2) kontribusi stres akademik terhadap perilaku game addiction, (3) kontribusi prokrastinasi akademik terhadap perilaku game addiction, dan (4) kontribusi stres akademik dan prokrastinasi akademik secara bersama-sama terhadap perilaku game addiction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri padang dari tahun 2013-2019 dengan sampel sebanyak 163 orang, yang dipilih melalui teknik proposional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku game addiction, skala stres akademik dan skala prokrastinasi akademik dengan model Likert. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Stres akademik mahasiswa berada pada kategori sedang, (2) Prokrastinasi akademik mahasiswa berada pada kategori sedang, (3) Perilaku game addiction berada pada kategori sedang, (4) stres akademik tidak berkontribusi terhadap perilaku game addiction, (5) prokrastinasi akademik berkontribusi secara signifikan terhadap perilaku game addiction, dan (6) stres akademik dan prokrastinasi akademik sama-sama berkontribusi terhadap perilaku game addiction. Implikasi dari temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan Bimbingan dan Konseling di UPBK Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:53
Last Modified: 05 Aug 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39046

Actions (login required)

View Item View Item