Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD

Febrina, Lylga (2021) Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_LYLGA_FEBRINA_1303939_2887_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan bahan ajar yang kurang menarik minat peserta didik dalam pembelaj aran keterampilan menulis dalam pembelajaran tematik di kelas IV SD. Peserta didik kurang diarahkan untuk menulis sesuai dengan tahapan menulis yaitu pra menulis, saat menulis, dan pasca menulis. Hal ini menyebabkan hasil tulisan peserta didik belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan bahan ajar keterampilan menulis berbasis model pembelajaran kooperatif tipe round table dalam pembelajaran tematik di kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SDN 18 Sitiung. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD berjumlah 18 peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Penelitian inimenggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap de.fine, design, develop, dan disseminate. Data uji validitas diperoleh melalui validasi bahan ajar, data praktikalitas diperoleh dari keterlaksanaan RPP, respon guru, dan respon peserta didik, data keefektifan dilihat dari aktivitas peserta didik dan penilaian keterampilan menulis. Berdasarkan hasil validitas oleh validator diperoleh hasil 89% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan ujicoba diketahui bahwa bahan ajar dapat memberikan kemudahan bagi guru dan peserta didik dan dapat menarik minat guru dan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP yang diperoleh sebesar 93% dengan kategori sangat praktis, respon guru sebesar 97,7% dengan kategori sangat praktis, dan respon peserta didik sebesar 94% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, bahan ajar telah memberikan dampak, pengaruh, dan hasil yang sangat baik dimana hal ini dapat dilihat dari hasil aktivitas peserta didik, perolehan nilai sikap, pengetahuan, keterampilan, oleh sebab itu bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar keterampilan menulis berbasis model pembelajaran tipe round table dalam pembelajaran tematik di kelas IV SD telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:53
Last Modified: 05 Aug 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39044

Actions (login required)

View Item View Item