Strategi Guru dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di Sekolah Alam Islami Mumtaz (SAIM) Mungka Tangah Kecamatan Mungka

Wulandari, Septia (2021) Strategi Guru dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di Sekolah Alam Islami Mumtaz (SAIM) Mungka Tangah Kecamatan Mungka. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_SEPTIA_WULANDARI_17329044_4271_2021.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pertama, mengetahui perencanaan guru dalam pembentukan akhlak peserta didik. Kedua, mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru dalam pembentukan akhlak peserta didik. Ketiga, memaparkan evaluasi penggunaan strategi guru dalam pembentukan akhlak peserta didik. Keempat, memaparkan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena-fenomena, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang, baik secara individual ataupun kelompok secara menyeluruh. Sumber data diambil melalui wawancara dengan delapan orang informan yang terdiri dari Direktur Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Kelas Sekolah Alam Islami Mumtaz (SAIM). Hasil penelitian yang didapatkan adalah pertama, perencanaan yang dilakukan guru yaitu mengadakan rapat, memahami kepribadian masing-masing peserta didik, memilih strategi yang tepat, membuat buku catatan perubahan perilaku peserta didik. Kedua, strategi yang digunakan guru dalam pembentukan akhlak adalah keteladanan, pembiasaan, nasehat, hukuman, hadiah dan kasih sayang. Ketiga, evaluasi penggunaan strategi dilakukan dengan memperhatikan perubahan tingkah laku peserta didik. Terakhir, faktor pendukung dalam pembentukan akhlak adalah keteladanan guru, pembiasaan yang dilakukan. Sedangkan faktor penghambatnya bisa dari orang tua dan teman lingkungan tempat tinggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:53
Last Modified: 05 Aug 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39041

Actions (login required)

View Item View Item