Efektivitas Teknik Rational Emotive Behavior Therapy berbasis Bisindo untuk Mengurangi Kecemasan Sosial pada Anak Tunarungu

Fransiska, Dea Resti (2022) Efektivitas Teknik Rational Emotive Behavior Therapy berbasis Bisindo untuk Mengurangi Kecemasan Sosial pada Anak Tunarungu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_DEA_RESTI_FRANSISKA_18003125_2301_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Gangguan kecemasan sosial pada anak merupakan fenomena yang umum terjadi. Anak berkebutuhan khusus beresiko mengalami kecemasan sosial, salah satunya anak tunarungu yang mengalami kecemasan sosial tinggi pada kelompok mild hearing impairment maupun moderate hearing impairment. Berdasarkan hasil asesmen, salah satu anak tunarungu di sekolah inklusif menunjukkan perilaku kecemasan sosial tinggi. Instrumen disusun berdasarkan teori kecemasan sosial. REBT Berbasis Bisindo merupakan salah satu terapi kognitif yang menggunakan bahasa isyarat sebagai alat komunikasi dalam proses terapi. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk menguji efektivitas teknik REBT Berbasis Bisindo untuk mengurangi kecemasan sosial pada anak tunarungu serta memperoleh informasi perubahan perilaku setelah implementasi. Penelitian menggunakan desain single subject research dengan model multiple baselines across behavior. Subjek penelitian satu dengan dua target behaviour yakni Fear of Negative Evaluation dan Social Avoidance and Distress with New Social Situasions and Unfamiliar Peers. Data dianalisis dengan analisis visual grafik. Penilaian dalam penelitian ini dengan pencatatan data jumlah soal yang dijawab benar. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (A) siswa memperoleh hasil kecemasan sosial yang tinggi, selanjutnya pada kondisi intervensi (B) siswa mengalami penurunan perilaku kecemasan sosial yang tajam. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa teknik REBT berbasis Bisindo dapat mengurangi kecemasan sosial pada anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:52
Last Modified: 05 Aug 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39038

Actions (login required)

View Item View Item