Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP/Mts Sederajat

Ningsih, Ayu Fitria (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP/Mts Sederajat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AYU_FITRIA_NINGSIH_17004077_1969_2022.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran interaktif berbasis android merupakan salah satu upaya membantu guru memaparkan pembelajaran secara online karena adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring. Media pembelajaran interaktif berbasis android ini memungkinkan tetap terjadinya pembelajaran yang efektif meskipun pembelajaran dilakukan secara daring. Penelitian pengembangan dilakukan dalam 4 tahapan berdasarkan model 4- D sesuai yang dikemukakan oleh Trianto (2012:93), “Model pengembangan 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), dan Dissminate (Penyebaran). Tahap pertama dengan melakukan analisis kebutuhan dan analisis konten, kemudian dilakukan perancangan dengan membuat flowchart, storyboard, dan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis android selanjutnya dilakukan tahap pengembangan dengan melakukan uji validitas oleh ahli, dan praktikalitas oleh siswa. Setelah itu dilakukan penyebaran media pembelajaran interaktif berbasis android. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penilaian dari validator media dinyatakan “Sangat Layak” dengan rata-rata sebesar 4,94 dan persentase sebesar 98,8%. Penilaian dari validator materi dinyatakan “Sangat Sesuai” dengan rata-rata skor sebesar 4,84 dan persentase sebesar 96,8 %. Sedangkan penilaian praktikalitas dari siswa dinyatakan “Sangat Praktis” dengan rata-rata skor sebesar 95,9 dan persentase sebesar 96,4%. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka kesimpulan dari Media pembelajaran interaktif berbasis android pada Mata Pelajaran IPA yang dikembangkan “Sangat Valid” digunakan dalam proses pembelajaran. Disarankan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media ini lebih interaktif, efektif, menarik serta dapat melanjutkan ke tahap uji efektifitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:30
Last Modified: 03 Aug 2022 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39031

Actions (login required)

View Item View Item