Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Inkuiri Untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Janewar, Janewar (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Inkuiri Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_JANEWAR_1303925_5834_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar dan kurangnya aktivitas belajar siswa di SDN. 082 Aek banir Kecamatan Panyabungan, menjadi alasan untuk melakukan penelitian ini. Pembelajaran masih didominasi oleh guru(teacher center), siswa hanya menerima materi pelajaran, serta menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru. Guru belum merancang sendiri perangkat pembelajaran yang digunakan di kelas. Sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis inkuiri di kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah design research, dengan tahapan Plomp.Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Uji coba untuk melihat praktikalitas produk dilakukan di SD Negeri 082 Aek Banir Panyabungan. Selanjutnya, uji coba untuk mengetahui efektivitas produk dilakukan di SD Negeri 102 Sigalapang Panyabungan. Data penelitian diperoleh dari Data primer yang diambil dari hasil validasi perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh validator. Data kedua diperoleh pada pelaksanaan uji coba. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu: Hasil self evaluation dan hasil validasi para ahli memberi gambaran bahwa LKS Matematika yang dikembangkan telah valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika. Hasil angket respon siswa dan angket respon guru, serta wawancara yang dilakukan setelah menggunakan LKS Matematika berbasis Inkuiri. Hasilnya memberikan gambaran bahwa LKS Matematika berbasis Inkuiri sangat praktis digunakan dan dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran Matematika. Pengamatan aktivitas belajar siswaselama belajar menggunakan LKS ini sangat tinggi dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor juga menunjukkan hasil yang baik. Hasil pengamatan ini memberikan gambaran bahwa penggunaan LKS Matematika berbasis Inkuiri sudah efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:30
Last Modified: 03 Aug 2022 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39030

Actions (login required)

View Item View Item