Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Solving di Kelas V SD Negeri 07 Koto Alam Kecamatan Palembayan

Halomoan, Halomoan (2021) Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Solving di Kelas V SD Negeri 07 Koto Alam Kecamatan Palembayan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HALOMOAN_16124032_1389_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik dalam pembelajaran Matematika di kelas V SD Negari 07 Koto Alam Kecamatan Palembayan. Hal ini disebabkan karena guru belum memberikan memberikan kesempatan pada peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, aktif mengkonstruksi pengetahuan matematika dan belum mampu memotivasi peserta didik agar tertarik untuk belajar matematika. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik dengan menggunakan metode Problem Solving. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan enam kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif Instrumen yang digunakan angket motivasi belajar matematika, lembar observasi/pengamatan, dan hasil tes dengan subjek guru dan peserta didik kelas V SD Negari 07 Koto Alam Kecamatan Palembayan. Basil penelitian menunjukkan bahwa metode Problem Solving dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Pada siklus I motivasi belajar memperoleh persentasi nilai rataan 74,97 dengan kategori sedang, meningkat menjadi 83,56 dengan kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah pada siklus I memperoleh persentasi nilai rataan 58,78 dengan kategori sedang, meningkat menjadi 90,33 dengan kategori baik pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode Problem Solving dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V SD Negari 07 Koto Alam Kecamatan Palembayan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:30
Last Modified: 03 Aug 2022 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39027

Actions (login required)

View Item View Item