Peningkatan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa Kelas V SDN 32 Langgai Pesisir Selatan Melalui Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu

Fitriyanti, Fitriyanti (2021) Peningkatan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa Kelas V SDN 32 Langgai Pesisir Selatan Melalui Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FITRIYANTI_16124101_1335_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pengalaman peneliti saat mengajar di kelas V SDN 32 Langgai Kabupaten Pesisir Selatan. Siswa kesulitan dalam melakukan analisis terhadap suatu permasalahan dan siswa juga tidak mampu menalar secara ilmiah sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan berpikir ilmiah siswa dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh pemilihan strategi pembelajaran yang kurang tepat, guru kurang dalam membimbing siswa agar dapat berargumentasi secara ilmiah, dan pembelajaran didominasi oleh guru sehingga siswa pasif dalam belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya peningkatan keterampilan berpikir ilmiah siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 32 Langgai Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap penelitian, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan ( action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting). Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrumen berupa lembar pengamatan, dan lembar tes yang dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 32 Langgai Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah siswa kelas V SDN 32 Langgai Kabupaten Pesisir Selatan.Pada siklus I keterampilan berpikir ilmiah siswa mencapai (74%) dan meningkat pada siklus II menjadi (90%) yang dinyatakan tuntas, sehingga keterampilan berpikir ilmiah siswa mengalami peningkatan sebanyak 16% dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning..

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:29
Last Modified: 03 Aug 2022 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39025

Actions (login required)

View Item View Item