Hubungan Penyesuaian Diri dengan Resiliensi Siswa dalam Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP N 15 Padang

Zakia, Anisa (2022) Hubungan Penyesuaian Diri dengan Resiliensi Siswa dalam Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP N 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ANISA ZAKIA SKRIPSI_17006003_1399_2022.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 terbukti banyak mengganggu aktivitas manusia, terutama dalam pendidikan. Hal ini membuat siswa harus melakukan pembelajaran online, namun terdapat persoalan sebagian siswa yang belum mahir dalam penggunaan android, jaringan internet yang tidak memadai dan siswa sulit memahami materi pembelajaran serta tidak adanya tanya jawab tentang materi yang telah di pelajari, dalam hal ini siswa membutuhkan kebertahanan dan bangkit dalam menghadapi masalah yang disebut resiliensi. Salah satu faktor yang mempengaruhi resiliensi adalah penyesuaian diri. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat hubungan penyesuaian diri dengan resiliensi siswa dalam belajar pada masa pandemi covid-19 di SMP N 15 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 58 orang siswa di SMP N 15 Padang dari siswa kelas VIII, dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner (angket) dengan menggunakan model skala likert mengenai penyesuaian diri dan resiliensi. Berikutnya data dianalisis menggunakan teknik Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapatnya penyesuaian diri dengan resiliensi siswa dalam belajar pada masa pandemi covid-19 di SMP N 15 Padang adalah hubungan yang positif dan signifikan, artinya bahwa semakin tinggi penyesuaian diri yang di miliki oleh siswa dalam belajar maka akan semakin tinggi pula resiliensi yang di miliki siswa dalam menghadapi pembelajaran di masa pandemi covid-19 yang sedang dialaminya saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:27
Last Modified: 03 Aug 2022 08:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39019

Actions (login required)

View Item View Item