Strategi Sekolah dalam Membentuk Sikap Disiplin Peserta Didik di SD Negeri 01 Kinali

Noviana, Risna (2021) Strategi Sekolah dalam Membentuk Sikap Disiplin Peserta Didik di SD Negeri 01 Kinali. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RISNA_NOVIANA_17329098_6051_2021.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk melihat strategi kepala sekolah dan pendidik dalam membentuk sikap disiplin peserta didik, kendala yang ditemukan kepala sekolah dan pendidik dalam membentuk sikap disiplin peserta didik, selanjutnya bagaimana solusi yang dilakukan kepala sekolah dan pendidik dalam menghadapi kendala tersebut. Peneltian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus (case study). Sumber data diambil melalui wawancara langsung dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah, wali kelas, guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik. Untuk memperkuat data penelitian peneliti juga mengambil data melalui observasi dan dokumentasi. Seluruh data wawancara dianalis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan pengambilan kesimpulan. Teknik pengabsahan data atau pemeriksaan data dilakukan peneliti menggunakan triangulasi sumber yakni dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Secara keseluruhan hasil penelitian mendapati bahwa, pertama, pada aspek strategi dalam membentuk sikap disiplin peserta didik terdapat lima langkah yang dilakukan kepala sekolah dan pendidik yaitu menerapkan strategi keteladanan dengan meneladani kepribadian Rasulullah Saw yang harus dimilki oleh seorang pendidik, dengan pembiasaan yakni membiasakan peserta didik untuk selalu menerapkan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari, mensosialisasikan peraturan dengan memberikan pengarahan-pengarahan oleh pendidik terkait tata tertib yang harus dipatuhi peserta didik, kemudian memberikan hukuman bersifat mendidik sesuai syariat islam bagi peserta didik yang melakukan pelanggaran, serta memberikan reward atau penghargaan kepada peserta didik yang memiliki sikap disiplin yang baik. Kedua, kendala yang ditemukan pendidik dalam membentuk sikap disiplin peserta didik didapati minimnya pengetahuan peserta didik terhadap peraturan atau tata tertib sekolah, rendahnya kesadaran peserta didik akan pentingnya bersikap disiplin, faktor keluarga, dan pengaruh pergaulan teman di sekolah. Ketiga, solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala tersebut ialah dengan adanya kerja sama antara elemen-elemen sekolah yakni kerja sama antara kepala sekolah dan pendidik ataupun kerja sama sesama pendidik yaitu dilakukannya kontrol harian, mingguan, dan bulanan terkait kedisiplinan peserta didik di sekolah, kemudian kerja sama antara pendidik dengan wali murid yakni dengan mengundang orang tua peserta didik menghadari rapat tentang kesiswaan di sekolah, kemudian mendatangkan orang tua ke sekolah untuk menemui wali kelas apabila yang bersangkutan sering kali melakukan pelanggaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:27
Last Modified: 03 Aug 2022 08:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39018

Actions (login required)

View Item View Item