Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Literasi pada Terna Ekosistem Menggunakan Microsoft Sway untuk Kelas V Sekolah Dasar

Fadhli, Fadhli (2021) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Literasi pada Terna Ekosistem Menggunakan Microsoft Sway untuk Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FADHLI_18124070_2945_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku ajar tematik terpadu yang dikembangbangkan oleh pemerintah dan menjadi sumber belajar bagi siswa SD sudah mempunyai ciri pembelajaran literasi. Namun penggunaannya untuk belajar daring kurang efektif. Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu bahan ajar yang menggunakan program/media online dimana bisa menjadi sumber bacaan sekaligus sebagai tempat mengerjakan latihan sehingga siswa dan guru tidak perlu menyimpan tugas-tugas di dalam hp karena sudah tersimpan secara online di server pemilik program. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan rancangan Borg and Galls. Metode evaluasi yang digunakan mengacu pada rancangan evaluasi formatif yang terdiri atas tinjauan ahli dan evaluasi kelompok kecil. Data validitas dikumpulkan melalui kegiatan validasi bahan ajar oleh 5 orang ahli dan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Data praktikalitas dikumpulkan melalui observasi pelaksanaan pembelajaran, dan pengisian angket oleh guru dan siswa. Data efektivitas dikumpulkan melalui observasi aktivitas dan tes. Data hasil observasi dan angket yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan uj i t. Bahan ajar tematik terpadu tema 5 subtema 1 untuk kelas V SD yang dikembangkan sudah sesuai dengan kurikulum 2013 dengan mengupayakan penyajian materi menarik dan mudah dipahami. Bahan ajar ini disajikan dengan pendekatan literasi sehingga siswa menjadi mampu mengakses, memahami dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui aktifitas membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Bahan ajar ini dibuat menggunakan aplikasi microsoft sway dan dilengkapi dengan aplikasi untuk berdiskusi (jamboard) dan mengerjakan latihan soal (microsoft form). Hasil analisis validitas bahan ajar dilihat dari validitas isi dan konstruk diperoleh kategori valid. Artinya dari segi relevansi materi yang disajikan dalam bahan ajar sudah sesuai dengan materi yang hams dipelajari siswa untuk mencapai pembelajaran. dari segi konsistensi materi yang disajikan pada bahan ajar dapat mengarahkan siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Hasil analisis praktikalitas bahan ajar menunjukkan bahan ajar tersebut sudah praktis digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis efektivitas menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dapat dikatakan bahwa bahan ajar tematik terpadu berbasis literasi menggunakan microsoft sway yang dikembangkan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:37
Last Modified: 03 Aug 2022 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39017

Actions (login required)

View Item View Item