Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Active Learning Tipe Team Quiz Di Kelas IV SDN 11 Lolong Kota Padang

Yolanda, Angeli Irfanio (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Active Learning Tipe Team Quiz Di Kelas IV SDN 11 Lolong Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ANGELI_IRFANIO_YOLANDA_18129225_3216_2022.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik, pembelajaran masih terpusat guru dan peserta didik belum aktif selama proses pembelajaran berlangsung.Tujuan penelitian secara umum untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Active Learning Tipe Team Quiz. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 23 orang, diantaranya 12 laki-laki dan 11 perempuan. Data penelitian berupa penilaian perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: 1) Perencanaan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata 86,06% (baik), dan meningkat pada siklus II 94,4% (sangat baik). 2) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 84,37% (baik) dan meningkat pada siklus II 93,37% (sangat baik). Aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 84,08% (baik) dan meningkat pada siklus II 95,45% (sangat baik). 3) Hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata siklus I yaitu 81,13% (baik) dan meningkat pada siklus II 90,10% (sangat baik). Dengan demikian pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Active Learning Tipe Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:36
Last Modified: 03 Aug 2022 03:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39014

Actions (login required)

View Item View Item