Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Setting Kelompok Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Siswa

Erismon, Erismon. (2021) Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Setting Kelompok Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ERISMON_18151012_3031_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan maraknya perilaku bullying siswa di sekolah. Perilaku bullying merupakan perilaku negatif yang dapat merugikan diri pribadi dan orang lain. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi perilaku bullying siswa adalah dengan menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy setting kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy setting kelompok untuk mengatasi perilaku bullying siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Posttest Only Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa SMP Hamka II Padang yang direkomendasi oleh Guru BK sebanyak 20 orang siswa dengan pertimbangan tertentu terkait dalam permasalahan bullying. Kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari 10 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan 10 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik dalam penetapan subjek penelitian menggunakan teknik random sampling. Data dianalisis menggunakan uji Kolmogorov Smirnov 2 Independent Sampels. Hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy setting kelompok efektif untuk mengatasi perilaku bullying siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam membuat program layanan bimbingan dan konseling, terutama penggunaan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy setting kelompok untuk mengatasi perilaku bullying siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:33
Last Modified: 03 Aug 2022 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39013

Actions (login required)

View Item View Item