Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar

Eliyanti, Eliyanti (2021) Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ELIYANTI_1203997_4282_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang kurang menarik minat peserta didik dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi dalam pembelajaran tematik di kelas V SD. Peserta didik kurang diarahkan untuk menulis sesuai dengan tahapan menulis yaitu pra menulis, saat menulis, dan pasca menulis. Hal ini menyebabkan hasil tulisan narasi peserta didik belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan bahan ajar keterampilan menulis narasi dengan menggunakan mind mapping dalam pembelajaran tematik di kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Lembah Melintang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD berjumlah 15 peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Penelitian inimenggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap define, design, develop, dan disseminate. Data uji validitas diperoleh melalui validasi bahan ajar, data praktikalitas diperoleh dari keterlaksanaan RPP, respon guru, dan respon peserta didik, data keefektifan dilihat dari aktivitas peserta didik dan penilaian keterampilan menulis narasi. Berdasarkan hasil validitas oleh validator diperoleh hasil 93,6% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan ujicoba diketahui bahwa bahan ajar dapat memberikan kemudahan bagi guru dan peserta didik dan dapat menarik minat guru dan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP yang diperoleh sebesar 93,4% dengan kategori sangat praktis, respon guru sebesar 100% dengan kategori sangat praktis, dan respon peserta didik sebesar 89,7% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, bahan ajar telah memberikan dampak, pengaruh, dan hasil yang sangat baik dimana hal ini dapat dilihat dari hasil aktivitas peserta didik, perolehan nilai sikap, pengetahuan, keterampilan, oleh sebab itu bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar keterampilan menulis narasi dengan menggunakan mind mapping dalam pembelajaran tematik di kelas V SD telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:39
Last Modified: 03 Aug 2022 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39012

Actions (login required)

View Item View Item