Kontribusi Harga Diri dan Kebermaknaan Hidup terhadap Subjective Well Being Remaja yang Berlatar Belakang Etnis Minangkabau

Amalianita, Berru (2021) Kontribusi Harga Diri dan Kebermaknaan Hidup terhadap Subjective Well Being Remaja yang Berlatar Belakang Etnis Minangkabau. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_BERRU_AMALIANITA_19151005_4287_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Subjective well being merupakan salah satu aspek penting bagi remaja untuk memahami kualitas hidup dan kehidupan sosial. Subjective well being sangat erat kaitannya dengan budaya Minangkabau, sebagai aspek penting yang mempengaruhi kekuatan karakter dalam pencapaian remaja menuju kesenangan dan kepuasaan hidup. Nilai-nilai dari budaya Minangkabau yang khas mempunyai pengaruh terhadap kognitif, afeksi pada sistem perilaku remaja.Terdapat faktor kuat yang mempengaruhi subjective well being remaja yaitu harga diri dan kebermaknaan hidup. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk 1) Menjelaskan harga diri, kebermaknaan hidup dan subjective well being remaja, 2) Menguji kontribusi harga diri dan kebermaknaan hidup terhadap subjective well being serta harga diri dan kebermaknaan hidup secara bersama-sama terhadap subjective well being remaja. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analitik dan uji beda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas yang berlatar belakang Etnis Minangkabau di Kabupaten Tanah Datar tepatnya di SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar berjumlah 515 orang, dengan sampel 182 orang yang dipilih dengan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala model likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana serta berganda dan T test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) harga diri remaja berada pada kategori rendah, kebermaknaan hidup berada pada kategori sedang, subjective well being berada pada kategori tinggi, dan 2) terdapat kontribusi harga diri terhadap subjective well being sebesar 53,7% (r= 0,773), kontribusi kebermaknaan hidup terhadap subjective well being sebesar 42,7% (r=0,653), serta harga diri dan kebermaknaan hidup secara bersama-sama terhadap subjective well being remaja sebesar 55,3% (R=0,743). Hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan guru BK, orang tua, guru kelas dan pihak terkait lainnya untuk pemberian bantuan dan pengembangan dalam pemenuhan subjective well being remaja Minangkabau.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:18
Last Modified: 03 Aug 2022 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39010

Actions (login required)

View Item View Item