Implementasi Program Pendidikan Karakter pada Mata Pembelajaran Sejarah di MAN 1 Pasaman

Rinawati, Rinawati (2021) Implementasi Program Pendidikan Karakter pada Mata Pembelajaran Sejarah di MAN 1 Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_RINAWATI_19161021_2525_2021.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya masalah masalah pelanggaran nilai-nilai karakter yang dilakukan oleh peserta didik di MAN 1 Pasaman, oleh karena itu masalah yang di teliti adalah bagaimana penyusunan rancangan program pendidikan karakter, bagaiman pengimplemetasiannya, bagaimana evaluasianya, dan apa saja kendala-kenda dalam menanamkan nilainilai karakter. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk: menganalisis penyususnan rancangan program pendidikan karakter, pengimlementasian pendidikan karakter, mengevaluasi dan menemukan kendala-kendala dalam penanaman nilai karakter Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data dokumen,wawancara, observasi dan teknik analisanya reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil analisis temuan ini adalah dalam analisis dari sebelas RPP dari erancangan program pendidikan karakter terdapat tujuh nilai karakter yang tercantumkan dalam RPP yaitu nilai disiplin, religius, gemar mebaca, aktif, demokrasi, jujur dan bertanggung jawab yang terintegrasi dalam materi dapat dilihad dalam RPP yang ada. Dalam pengimlementasiannya guru menyesuaikan dengan materi pembelajaran yang di ajarkan dengan menggunakan strategi dan metode ceramah, diskusi dan penerapan. Untuk mengevaluasinya pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah secara khusus belum ada namun untuk pengevaluasiannya berdasarkan temuan dalam RPP adanya penilaian secara observasi, aspek pengetahuan, dan penerapan. Salah satunya dalam bentu pertanyaa soal-soal yang dibuat oleh guru mata pembelajaran sejarah dalam soal harian dan ujian tengah semester dan ujian ahir semester dan kendala-kendalanya adalah kurang mendukungnya media yang ditersedia, dan dalam penanaman karakter, terbatasnya waktu di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN SEJARAH, PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:33
Last Modified: 03 Aug 2022 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39009

Actions (login required)

View Item View Item