Pemanfatan Program Keluarga Harapan (PKH) Bagi Masyarakat Miskin di Nagari Gurun Panjang Utara Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Auli, Rezki Rahayu (2021) Pemanfatan Program Keluarga Harapan (PKH) Bagi Masyarakat Miskin di Nagari Gurun Panjang Utara Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_REZKI_RAHAYU_AULI_15058092_3573_2021.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ketertarikan peneliti bagaimana masyarakat Nagari Gurun Panjang Utara memanfatan program Keluarga Harapan (PKH) dengan sebaiknya. Jika masih ada sebagian masyarakat yang belum memanfatan bantuan PKH itu untuk keperluan pendidikan anak, maka dari itu peneliti menyarankan agar digunakan terutama untuk anak bersekolah terlebih dahulu. Karna pada saat peneliti melakukan penelitian di Nagari Gurun Panjang Utara, masyarakat yang menerima bantuan PKH sudah memenuhi keriteria dari kegunaan bantuan itu. Jika masih ada sebagian dari masyarakat sekitar yang tidak menggunakan bantuan itu dengan sebaiknya, yang sudah disepakati bersama kalu bantuan yang di berikan itu terutama harus digunakan untuk anak yang bersekolah, tetapi digunakan untuk yang lain maka sebaiknya yang di utamakan itu untuk anak yang sekolah terlebih dahulu. Dalam melakukan Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori aksi yang dikemungkakan oleh Talcott Parsons, yang menjelaskan yaitu bahwa individu melakukan suatu tindakan berdasarkan pengalaman, persepsi, pemahaman dan penafsiran pada suatu objek atau situasi tertentu. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe yang digunakan studi kasus, teknik pemilihan informan purposive sampling dengan jumlah informan 17 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa manfaat dari menerima bantuan ini masyarakat sangat terbantu mereka menggunakan bantuan itu yaitu: membeli perlengkapan sekolah, membeli kebutuhan sehari-hari, untuk ditabung, membayar uang sekolah. Sebagian masyarakat Nagari Gurun Panjang Utara memanfatan dana bantuan PKH untuk berbagai keprluan mereka. Hasil penelitian dari pemanfatan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi masyarakat miskin yaitu 1) membeli perlengkapan sekolah, 2) membayar uang komite sekolah, 3) membeli keperluan sehari-hari, 4) untuk ditabung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROGRAM KELUARGA HARAPAN
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:20
Last Modified: 03 Aug 2022 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39008

Actions (login required)

View Item View Item