Pemetaan Daerah Rawan Banjir Berbasis Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis di Kota Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat

Rahman, Rezky Aulia (2021) Pemetaan Daerah Rawan Banjir Berbasis Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis di Kota Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_REZKY_AULIA_RAHMAN_17331064_1577_2021.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui tingkat kerawanan banjir di Kota Bukittinggi, (2) mengetahui karakteristik daerah rawan banjir berdasarkan peta Rawan Banjir di Kota Bukittinggi Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu matching factor untuk mencocokkan antara indikator kerawanan banjir dengan indeks kerawanan, yakni indeks tinggi, sedang dan rendah. Tahapan pada penelitian ini yaitu tahap pra lapangan : koreksi geometrik,koreksi radiometrik,pembuatan masing-masing parameter,matching factor. Tahap lapangan : pengambilan titik koordinat dan dokumentasi laapangan. Tahap pasca lapangan : penyajian data berupa peta,tabel,dan foto lapangan. Hasil dari penelitian ini yaitu Kota Bukittinggi terdiri dari 3 zona kerawanan banjir yaitu zona kerawanan rendah (861,478569/861 ha) wilayahnya Kelurahan Belakang Balok,Puhun Pintu Kabun,Kayu Kubu,Bukit Apit Puhun. Zona kerawan sedang (366,84834 ha) wilayahnya Kubu Tanjung, Ladang Cakiah, Birugo Garegeh. Zona kerawanan tinggi (1294,766834 ha) Wilayahnya Kelurahan Pakan Labuah,Sapiran,Aur Kuning, Pulai Anak Air, Koto Selayan, Manggis Ganting, Campago Ipuh, Puhun Tembok, Gulai Bancah, Campago Guguk Bulek,Aur Tajungkang Tengah Sawah, Pakan Kurai dan Tarok Dipo. Karakteristik zona rawan rendah memiliki lereng yang curam, jenis tanah entisols, Kerapatan sungai jarang dan kepadatan bangunan jarang. Zona rawan sedang memilik karakteristik lereng yang bergelombang,jenis tanah ultisols,kerapatan sungai sedang dan kepadatan bangunan sedang. Zona rawan tinggi memiliki karakteristik lereng yang datar,jenis tanah ultisols,kerapataan sungai sangat rapat dan kepadatan bangunan yang tinggi atau padat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGINDERAAN JAUH, SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS, INDEKS KERAWANAN BANJIR
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:20
Last Modified: 03 Aug 2022 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39006

Actions (login required)

View Item View Item