Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Kelas V SDN 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam

Andayani, Ade Irawati (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Kelas V SDN 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ADE_IRAWATI_ANDAYANI_SITORUS_17129001_1459_2022.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar yang ditemukan dilapangan saat melakukan observasi yang terkait rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran rumusan indikator belum sesuai kata kerja operasional, pembelajaran masih dominan dengan metode ceramah, guru belum menggunakan model pembelajaran yang menarik. Sehingga hal ini berdampak kepada hasil belajar siswa yang mayoritasnya rendah. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Kelas V SDN 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan,dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V SDN 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam, dengan jumlah 13 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) perencanaan siklus I pertemuan I memperoleh rata-rata nilai 83,33% dengan kualifikasi baik dan pada pertemuan II dengan nilai rata-rata 91,66% dengan kualifikasi sangat baik (A) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 100% dengan kualifikasi sangat baik (A), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru dan aspek siswa siklus I pertemuan I memperoleh nilai 88,89% dengan kualifikasi baik (B) dan pada pertemuan II dengan nilai rata-rata 93,05% dengan kualifikasi sangat baik (A) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata niai 83,33% dengan kualifikasi baik (B). c) hasil belajar siswa pada siklus I Pertemuan I memperoleh rata-rata nilai 70,38% dengan kualifikasi cukup (C) dan pertemuan II dengan nilai rata-rata 79,38% dengan kualfikasi baik (B), dan kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 85,21% dengan kualifikasi baik (B). Dengan demikian hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu meningkat dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:19
Last Modified: 03 Aug 2022 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39004

Actions (login required)

View Item View Item