Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Materi Aktivitas Kebugaran Jasmani untuk Murid Sekolah Dasar Kelas IV.

Putri, Vani Sintia (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Materi Aktivitas Kebugaran Jasmani untuk Murid Sekolah Dasar Kelas IV. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_VANI_SINTIA_PUTRI_18086307_1266_2022.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti di Sekolah Dasar Negeri 02 Aur Kuning, terlihat para murid kurang kemauannya dalam belajar dan juga sulit dalam memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul Berbasis Multimedia mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Materi Aktivitas Kebugaran Jasmani untuk murid Sekolah Dasar kelas IV. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R & D) menggunakan model ADDIE melalui 5 tahap yang disederhanakan sesuai kebutuhan penelitian yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementasi dan (5) Evaluation. Penelitian ini dibantu oleh beberapa validator yang terdiri atas : ahli media, ahli bahasa dan ahli materi serta implementasi uji coba kelompok kecil. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, teknik analisis data menggunakan skala penilaian dan rentang persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran E-Modul Berbasis Multimedia ‘’sangat layak’’ digunakan sebagai media pembelajaran murid Sekolah Dasar kelas IV. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase validasi ahlli media sebesar 100%, validasi pakar ahli bahasa sebesar 95%, validasi pakar materi sebesar 93,33%. Selanjutnya responden murid sebesar 94,58% dengan kriteria ‘’sangat layak’’. Kelayakan media dari hasil validasi tim ahli dan respon murid sangat layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:19
Last Modified: 03 Aug 2022 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38998

Actions (login required)

View Item View Item