Kombinasi Latihan Pull Up, Push Up dan Plank Exercise terhadap Daya Tahan Kekuatan Otot Lengan Atlet Dayung (Dragon Boat) Putri Sumatera Barat Jarak 500 Meter

Silvia, Tessy (2022) Kombinasi Latihan Pull Up, Push Up dan Plank Exercise terhadap Daya Tahan Kekuatan Otot Lengan Atlet Dayung (Dragon Boat) Putri Sumatera Barat Jarak 500 Meter. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_TESSY_SILVIA_18089286_2001_2022.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah diduga kurangnya daya tahan kekuatan otot lengan atlet dayung (dragon boat) putri Sumatera Barat Jarak 500 Meter. Penelitian ini yang bertujuan untuk melihat hasil kombinasi latihan pull up, push updanplank exerciseterhadap daya tahan kekuatan otot lengan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah tim Dayung (dragon boat) putri Sumatera Barat berjumlah 10 orang.Penarikan sampel diambil dengan teknik toal sampling. Instrument penelitian menggunakan tes ergometer. Teknik analisis data statistik menggunakan uji normalitas liliefors dan uji-t dengan taraf signifikan ɑ=0,05. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh kombinasi latihan pull up, push up, dan plank exercise terhadap daya tahan kekuatan otot lengan dengan skor rata-rata 3,42 detik pada pre test, dan skor rata-rata 2,86 detik pada post test. Hal ini terbukti secara signifikan, dimana setelah dilakukan uji “t” diperoleh hasil thitung = 6,01 > ttabel = 1,833. Jadi, Ho di tolak sedangkan Ha diterima. Kesimpulan, terdapat pengaruh yang signifikan dari kombinasi latihan pull up, push up, dan plank exercise terhadap daya tahan kekuatan otot lengan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:08
Last Modified: 02 Aug 2022 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38996

Actions (login required)

View Item View Item