Strategi Belajar Online Mahasiswa yang Berada di Daerah Blank Spot Melaksanakan Pembelajaran Secara Sinkronous Saat Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Nagari Maek Kabupaten Lima Puluh Kota)

Eliza, Reza Dispi (2021) Strategi Belajar Online Mahasiswa yang Berada di Daerah Blank Spot Melaksanakan Pembelajaran Secara Sinkronous Saat Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Nagari Maek Kabupaten Lima Puluh Kota). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_REZA_DISPI_ELIZA_17058205_4528_2021.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Strategi Belajar Online Mahasiswa yang Berada di Daerah Blank Spot melaksanakan Pembelajaran secara Sinkronous saat Pandemi Covid-19. Latar belakang penelitian bermula dari dilatar belakangi oleh Edaran Rektor No. 1530/UN35/TU/2020, tanggal 14 Maret 2020 dan No. 1061/UN35/TU/2020, tanggal 18 Maret 2020 tentang kesiapsiagaan dan pencegahan Covid-19 di lingkungan UNP sehingga mahasiswa belajar dari rumah secara Online dan yang menjadi masalah adalah jaringan internet yang belum merata (Blank Spot) pada tempat tinggal mahasiswa sehingga mahasiswa harus pergi ke tempat yang lebih tinggi atau berpindah tempat supaya mendapatkan jaringan yang memadai untuk akses internet dalam pembelajaran Online. Realita tersebut membawa peneliti pada suatu pertanyaan yaitu bagaimana Strategi Belajar Online Mahasiswa yang Berada di daerah Blank Spot melaksanakan Pembelajaran secara Sinkronous saat Pandemi Covid-19. Pertanyaan tersebut akan dianalisis melalui teori Struktural fungsional dari Talcott Parsons. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif tipe studi kasus dengan teknik pengumpulan informan adalah dengan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan studi dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analsisis data dari Matthew B. Milles dan A. Michael Huberman yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/ Verification (Penarikan Kesimpulan). Lokasi penelitian di Nagari Maek Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil penelitian di lapangan ditemukan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran secara Sinkronous masalah utama adalah ketergantungan pada jaringan. Sedangkan dalam menghadapi masalah ketergantungan jaringan dalam perkuliahan Online mahasiswa mempunyai Strategi Belajar Online secara Sinkronous saat Pandemi Covid-19 di daerah Blank Spot dengan cara 1) mengikuti alur perkuliahan; 2) menyesuaikan pada jaringan yang ada; 3) membaca dan memahami materi perkuliahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BELAJAR ONLINE, PEMBELAJARAN SECARA SINKRONOUS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:18
Last Modified: 03 Aug 2022 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38995

Actions (login required)

View Item View Item