Kontribusi Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Semangat Bela Negara Siswa Sma Negeri 1 Ranah Kabupaten Pasaman Barat

Ayuni, Reski (2021) Kontribusi Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Semangat Bela Negara Siswa Sma Negeri 1 Ranah Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RESKI_AYUNI_17045159_4626_2021.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi mata pelajaran geografi untuk meningkatkan semangat bela negara siswa SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat yang meliputi : (1) kontribusi kondisi wilayah dan posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia dalam meningkatkan semangat bela negara siswa SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. (2) kontribusi sebaran dan pengelolaan sumber daya alam Indonesia dalam meningkatkan semangat bela negara siswa SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. (3) kontribusi keanekaragaman budaya dan agama di Indonesia dalam meningkatkan semangat bela negara siswa SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling sehingga penentuan jumlah sampel diambil sebanyak 70% dari populasi dan didapat sebanyak 64 siswa. Hasil penelitian menunukkan: (1) kontribusi kondisi wilayah dan posisi strategis Indonesia sebagai poros maritime dunia dalam meningkatkan semangat bela negara siswa SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat masuk dalam kategori tinggi dengan persentase 73,6%, (2) kontribusi sebaran dan pengelolaan sumber daya alam Indonesia dalam meningkatkan semangat bela negara siswa SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat masuk dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 83,8%,(3) kontribusi keanekaragaman budaya dan agama di Indonesia dalam meningkatkan semangat bela negara siswa SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat masuk dalam kategori tinggi dengan persentase 73,95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MATA PELAJARAN GEOGRAFI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:14
Last Modified: 02 Aug 2022 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38993

Actions (login required)

View Item View Item