Perbandingan Metode CART dan Metode CHAID untuk Pengklasifikasian Status Kerja pada Angkatan Kerja di Kabupaten Tanah Datar

Fajriati, Yulia Rizki (2022) Perbandingan Metode CART dan Metode CHAID untuk Pengklasifikasian Status Kerja pada Angkatan Kerja di Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_YULIA_RIZKI_FAJRIATI_18337067_1700_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Peningkatan penduduk yang pesat membawa dampak pada tingkat pertumbuhan angkatan kerja. Salah satu kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat yang mengalami peningkatan penduduk dari tahun ke tahun adalah Kabupaten Tanah Datar, tetapi jumlah angkatan kerjanya mengalami penurunan. Hal ini dapat membuat ketidakseimbangan antara jumlah penduduk dan jumlah angkatan kerja sehingga menyebabkan menurunnya kesejahteraan masyarakat. Selain menurunkan kesejahteraan masyarakat, angkatan kerja juga dapat mempengaruhi status kerja pada angkatan kerja. Permasalahan yang terjadi untuk melihat variabel yang paling dominan mengklasifikasi status kerja pada angkatan kerja di Kabupaten Tanah Datar, dan memilih metode terbaik dengan menggunakan metode CART dan metode CHAID. Metode CART dan metode CHAID merupakan salah satu metode yang digunakan untuk pembentukan pohon klasifikasi. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data sekunder dari SAKERNAS (Survei Angkatan Kerja Nasional) tahun 2021 dengan jumlah data 1057 responden. Dimana variabel yang digunakan adalah variabel pendidikan, status perkawinan, jenis kelamin, usia, dan status pelatihan kerja. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling dominan mengklasifikasi status kerja pada angkatan kerja di Kabupaten Tanah Datar adalah variabel status perkawinan dan metode terbaik untuk mengklasifikasi status kerja pada angkatan kerja di Kabupaten Tanah Datar adalah metode CART yang dilihat berdasarkan nilai accuracy sebesar 73,9 persen dan APER sebesar 26, 1 persen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ANGKATAN KERJA, KABUPATEN TANAH DATAR, CART, CHAID
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:13
Last Modified: 02 Aug 2022 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38987

Actions (login required)

View Item View Item