Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mahasiswa Jurusan Statistika FMIPA UNP Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Analisis Regresi Logistik.

Azzahra, Friza (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mahasiswa Jurusan Statistika FMIPA UNP Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Analisis Regresi Logistik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_FRIZA_AZZAHRA_18037026_1774_2022.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Saat ini sedang terjadi sebuah wabah virus yang dinamakan COVID-19.Virus ini sangat mudah menyebar dan cepat penularannya sehingga pemerintah membuat kebijakan kepada masyarakat agar menghindari perkumpulan. COVID-19 ini menimbulkan dampak bagi kehidupan manusia salah satunya di bidang pendidikan. Pembelajaran yang biasa dilakukan dengan cara tata muka dialihkan menjadi jarak jauh (daring). Cara belajar yang berubah dimana awalnya dilakukan secara tatap muka menjadi daring menimbulkan kesulitan belajar diantara mahasiswa. Kesulitan belajar adalah suatu masalah atau kondisi yang membuat seseorang sulit melakukan kegiatan belajar secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mengklasifikasikan kesulitan belajar mahasiswa Jurusan Statistika FMIPA UNP selama pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa angkatan 2018-2020 Jurusan Statistika FMIPA UNP yang aktif pada Semester Januari-Juni 2021. Sampel pada penelitian ini berjumlah 79 responden yang didapat dengan menggunakan metode propotional random sampling. Variabel respons (Y) dalam penelitian ini yaitu kesulitan belajar mahasiswa dan variabel prediktor (X) yaitu gangguan jaringan internet (X1), keterbatasan interaksi (X2), suasana rumah tidak kondusif (X3), dan kesehatan mata (X4). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Logistik Biner. Hasil analisis menggunakan regresi logistik biner diperoleh model yang menggambarkan faktor-faktor kesulitan mahasiswa yaitu п(x) = exp(−3,679+3,895X1+2,795X3) 1+ exp(−3,679+3,895X1+2,795X3) Berdasarkan model menunjukkan X1 (gangguan jaringan internet), dan X3(suasana rumah tidak kondusif) berpengaruh terhadap kesulitan mahasiswa. Kedua variabel tersebut dapat mengklasifikasikan mahasiswa mengalami kesulitan belajar selama pembelajaran daring. Ganggaun jaringan internet memiliki nilai odds ratio tertinggi sebesar 49,178 kali dapat mengklasifikasikan kesulitan belajar mahasiswa Jurusan Statistika FMIPA UNP dibandingkan variabel suasana rumah tidak kondusif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, KESULITAN BELAJAR, DARING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:06
Last Modified: 01 Aug 2022 07:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38977

Actions (login required)

View Item View Item