Sintesis dan Karakterisasi Katalis Karbon Daun Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) Tersulfonasi untuk Produksi Biodiesel dari Palm Fatty Acid Destilate (PFAD).

Putri, Selvi Apriliana (2022) Sintesis dan Karakterisasi Katalis Karbon Daun Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) Tersulfonasi untuk Produksi Biodiesel dari Palm Fatty Acid Destilate (PFAD). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_SELVI_APRILIANA_PUTRI_18036096_2316_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas terkait aktivitas katalitik dari dua seri katalis karbon daun eceng gondok tersulfonasi yang disintesis dengan variasi suhu kalsinasi dan waktu sulfonasi untuk diaplikasikan pada produksi biodiesel dari Palm Fatty Acid Distilate. Metoda yang digunakan dalam sintesis katalis yaitu kalsinasi dan sulfonasi. Untuk katalis seri pertama, sintesis karbon dilakukan dengan variasi suhu kalsinasi, kemudian dilanjutkan dengan proses sulfonasi menggunakan H2SO4 . Untuk katalis seri kedua sintesis karbon dilakukan dengan suhu kalsinasi dari kondisi optimum katalis pertama, kemudian dilanjutkan dengan proses sulfonasi menggunakan H2SO4 dengan variasi waktu sulfonasi. Analisa stabilitas termal dari daun eceng gondok digunakan instrumen TGA. Katalis yang diperoleh dikarakterisasi dengan instrumen XRD dan FTIR serta diuji situs asamnya. Selanjunya, katalis diaplikasikan pada proses produksi biodiesel dengan metode reaksi esterifikasi. Untuk mengetahui aktivitas katalitik dari katalis, biodiesel yang dihasilkan dikarakterisasi dengan FTIR serta diuji sifat fisikokimia seperti, uji densitas, bilangan asam dan laju alir. Berdasarkan analisa FTIR pada katalis muncul puncak kembar pada bilangan gelombang 1400- 1000cm-1 yang menunjukkan keberadaan SO2 dari gugus sulfonat. Pada spektrum FTIR biodiesel terdapat pita serapan utama pada bilangan gelombang 1300- 1000cm-1 yang menunjukkan keberadaan ikatan C-O-C atau O-CH3 dari ester. Hasil karakterisasi mengidentifikasi bahwa aktivitas katalitik tertinggi ditunjukkan oleh KDEG-350S-4h yang memiliki situs asam tertinggi dan telah berhasil mengkonversi asam lemak bebas yang terdapat pada PFAD menjadi biodiesel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KATALIS KARBON, ECENG GONDOK, BIODIESEL
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:39
Last Modified: 01 Aug 2022 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38968

Actions (login required)

View Item View Item